Ternyata Inilah Rahasia Kesuksesan Jack Ma, Founder Alibaba

By Dira Sabrina - Sunday, February 25, 2018

Pada mata kuliah Technopreneurship yang diadakan hari Jumat tanggal 23 kemarin, dosenku sedang memberi 'ceramah' tentang cara membangun bisnis start up dan berusaha membuat kita berpikir layaknya seorang pelaku bisnis. Di tengah-tengah lektornya, beliau tiba-tiba ingin menunjukkan video motivasional dari Jack Ma, founder Alibaba.

Biasanya, aku tidak terlalu tertarik dengan video-video seperti ini. Aneh emang, diberi motivasi malah males mendengarkan. Tapi entah kenapa, batinku memaksa mataku untuk terus menonton video Jack Ma.

Di dalam video ini, tampak Jack Ma diundang dalam sebuah acara talkshow di Korea Selatan, kalau tidak salah di channel KBS1. Oh iya, acara ini digelar dua tahun hampir tiga tahun yang lalu, tepatnya tahun 2015.

Bahasa Inggrisnya yang lancar, gaya bicaranya yang santai, dan sedikit melucu itu membuatku jadi tertarik untuk menonton hingga selesai.


Jauh sebelum Alibaba ditemukan..

Jack Ma menceritakan awal-awal perjuangan sulitnya yang dimulai sejak ingin memasuki universitas. Beliau bilang bahwa dia mendaftar ke salah satu universitas ternama di dunia sebanyak sepuluh kali, namun selalu ditolak. Pada akhirnya, ia berhasil menjadi mahasiswa di salah satu universitas di daerah tempatnya tinggal. Kata beliau sendiri, kampusnya duduk di peringkat tiga dari empat universitas.

Walaupun begitu, beliau tetap menganggap kampusnya itu adalah kampus terbaik yang pernah ia masuki. Disinilah aku tertegun, dan mulai belajar untuk bersyukur.

Lalu, beliau menceritakan sulitnya mencari kerja. Aku ingat kalau dosenku pernah bercerita bahwa seorang Jack Ma adalah satu-satunya pelamar yang ditolak saat melamar kerja di suatu restoran cepat saji. Namun, ia selalu percaya bahwa akan ada 'sesuatu' yang menantinya di masa depan.


Inilah kunci kesuksesan Jack Ma

Awal mula ide Alibaba itu berasal dari kepekaan Jack Ma terhadap masalah yang sedang terjadi di sekitarnya. Saat itu (maafkeun aku lupa ada di tahun berapa, pokoknya tahun 90-an), warga China kesulitan untuk mengekspor barang ke luar. Memang sih ada yang bisa melakukannya, tapi hanya perusahaan-perusahaan besar yang mampu. Beliau memikirkan bagaimana dengan usaha-usaha yang lebih kecil?

Pada tahun itu juga, Jack Ma berpikir bahwa internet sangat-sangat bisa membantu menyelesaikan masalah ini. Tetapi, banyak yang bingung, bagaimana bisa internet membantu mereka?

Jack Ma juga bercerita bahwa ia pernah berada dalam suatu diskusi yang berisi 23 orang, dan beliau menceritakan tentang idenya ini. Seingatku, hampir semua orang yang ada di ruangan tersebut menganggap idenya itu gila dan tidak mungkin bisa diwujudkan.

Disini, aku sadar kalau beliau sering banget mendapatkan kata-kata 'that's crazy', 'that's impossible'.

Tapi dia berhasil membuat orang-orang salah akan presepsinya. Lihat saja kesuksesan Alibaba sekarang.

Beliau pernah berpikir, kalau ia 'benci' sama Bill Gates. Ia menganggap bahwa Bill Gates mengambil banyak peluang bisnis. Tapi di sisi lain, ia juga berpikir, kalau Bill Gates saja bisa, kenapa ia tidak bisa?

Untuk kamu yang sedang berusaha membangun bisnis start-up atau masih belajar tentang berbisnis start-up sepertiku, beliau berkata bahwa keluhan adalah suatu peluang. Apa yang orang lain keluhkan, maka itu peluang bisnismu. Peka terhadap masalah sekitar adalah salah satu kunci yang aku dapatkan dari beliau.


Yang aku tangkap dari acara talkshow beliau..

Setelah menonton video tersebut, dosenku bertanya 'ada yang mau berkomentar?'. Tapi semua diam termasuk aku. Aku bener-bener speechless banget setelah nonton video itu.

Intinya adalah jangan pernah menyerah. Jangan pernah biarkan orang lain menjatuhkan kamu, karena yang lebih mengetahui tentangmu adalah dirimu sendiri. Biarin aja orang lain ngomong 'itu nggak mungkin' 'nggak mungkin kamu bisa'. Prove them wrong.

Terakhir adalah kerja keras. Semua yang kamu inginkan nggak mungkin bisa tercapai tanpa adanya kerja keras. Inget, nggak ada yang instan di dunia ini.

Buat kamu yang mau nonton videonya, bisa klik di sini.

  • Share:

You Might Also Like

6 comment(s)

  1. Membuat hal baru yang out of the box memang bakal banyak tentangan dari orang luar. Meski demikian Jack Ma tetap teguh membangun idenya. Luar biasa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak, kuncinya adalah percaya sama diri sendiri & nggak terpengaruh orang lain yg ingin menjatuhkan^^

      Delete
  2. i love his talk show too

    jemput la join n meriahkan segmen GA kt sini

    http://www.raydahalhabsyi.com/2018/02/wonderful-march-giveaway-by-raydah.html

    ReplyDelete
  3. Sepertinya aku pernah nonton juga video yang dimaksud

    aku juga nggak nyangka sih, siapa orang di balik alibaba dll yang ternyata adalah Jack Ma, seorang pejuang yang inspiratif

    aku juga meyakini bahwa, kalau ada rezeki yang belum bisa diraih, maka nggak akan lama lagi saya mendapatkan rezeki yang jauh lebih besar daripada itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, nggak nyangka banget ya.
      Bener, seperti prinsip Jack ma sendiri, dia selalu yakin bakal ada sesuatu di masa depan yang menunggu dia. Semangat! ^^

      Delete

Leave your comments below!