diraamanda

Monday, February 5, 2018

Tips Belajar Buat Kamu yang Pengen Dapet IPK di Atas 3.5

Monday, February 05, 2018 7
Tips Belajar Buat Kamu yang Pengen Dapet IPK di Atas 3.5
Tips Belajar Anak Kuliah
pixabay.com
Semua anak kuliahan pasti pengen banget dapet IPK di atas 3.5, bener kan? Alasannya apa? Supaya bisa ngambil 24 sks dan lulus 3.5 tahun! Bener banget, alasanku juga begitu. Beberapa kampus punya aturan kalau kita dapet IPK di atas 3.5, kita bisa ngambil beban maksimum sks hingga 24, yang tentunya memperbesar peluang kita untuk cepet lulus!

Alhamdulillah IPK aku kemarin 3.68. Hasil ini aku dapatkan nggak lepas dari yang namanya usaha keras. Apalagi jurusan aku cukup memusingkan ya, nggak bakal jauh-jauh dari ngoding dan bisnis.
Tips Belajar Anak Kuliah
Mengingat sebentar lagi perkuliahan udah masuk semester baru (atau kamu sekarang udah mulai kuliah semester baru?), aku mau bagi-bagi tips nih, gimana caranya aku bisa dapet IPK 3,68.

Yuk disimak tipsnya!

πŸ“Œ Note-taking

Tips Belajar Anak Kuliah
tumblr.com
Sumpah, nyatet itu penting banget, guys. Kalo kamu mikir, "ah ini dosen ngomongnya cepet banget", "ah males nyatet, maunya denger", atau "nanti aja ah belajar sendiri di rumah", sebaiknya dihilangkan ya pikiran kayak gituπŸ˜….   Tapi aku selalu ngusahain nyatet dengan cara bikin scratch note, yaitu catatan yang bentuknya masih belum teratur. Nah sepulang kuliah, aku bakalan ngerapiin scratch note tadi jadi lebih bagus. Kalo notes kita bagus, pasti bawaannya pengen belajar terus deh!

Ini pro tips dari aku buat masalah note-taking (mencatat):
1. Selalu mencatat dengan cara menulis, dianjurkan untuk tidak mengetik.

Menurut Pam Mueller dari Universitas Princeton, mencatat dengan menulis lebih efektif buat belajar karena mereka bakal maksa otak mereka buat ngambil yang penting-penting aja dari omongan dosen, dan itu menguntungkan banget! (Baca lebih lengkap di sini).

2. Kalo kamu ketinggalan mencatat, kamu bisa minjem catetan temen kamu, terserah difoto atau difotokopi. Kalo aku sih bakal fotokopi, karena lebih efektif dan bisa dicoret-coret.

πŸ“Œ Time management

tips belajar buat anak kuliah
pixabay.com
Pengaturan waktu itu udah pasti penting banget ya guys. Aku selalu memanfaatkan waktu kosong sepulang kuliah untuk ngerjain tugas sampai tuntas, ngerapiin scratch note, bahkan belajar apa yang tadi aku pelajarin di kampus.

Aku punya pro tips untuk time management:
1. Bikin time table! Time table atau jadwal itu bisa membantu kamu untuk tau kapan waktu kosong, yang bisa kamu pake buat ngerjain tugas atau belajar.

2. Prioritas. Misalkan kamu punya tiga tugas, tugas A, B, dan C. Tugas A punya deadline 3 hari lagi, tugas B 5 hari lagi, tugas C seminggu lagi. Kamu tentu harus memprioritaskan dulu tugas yang paling deket waktu deadline-nya supaya mengerjakannya bisa lebih totalitas. Hindari ngerjain 3 tugas dalam waktu bersamaan alias nyampur-nyampur / multitasking.

3. Gimana biar bisa tau mana yang harus diprioritaskan? Pakai planner, lalu tulis tugasmu di tanggal deadline.

4. Jangan nunda waktu! Ini nih penyakit yang ngakarnya dalem banget, bener nggak?😁

πŸ“Œ Kalau ada hafalan, jangan dihafal

Loh, kan hafalan tapi kenapa jangan dihafal?

Jaman sekolah dulu, guru aku pernah ngasih tips ampuh buat menghafal dengan cepat, yaitu; ya jangan dihafal.

Menurut Dennis H. Congos dari University of Central Florida, kamu nggak bisa disebut 'udah belajar sesuatu' kalo kamu nggak ngerti isinya. (baca lebih lengkap di sini)

Apa gunanya kamu menghafal tapi nggak ngerti isinya? Yang ada mah cepet lupa dan ngeblank saat ujian. Aku ada mata kuliah yang mengharuskan aku menghafal banyak materi, tapi disini aku nggak ngafal. Aku bener-bener baca materinya sampai aku ngerti, bahkan usaha nyari audiobook nya biar lebih masuk ke otak.

Intinya, ngerti itu udah pasti hafal, tapi hafal itu belum tentu ngertiπŸ˜‰

πŸ“Œ Inisiatif

Dalam dunia perkuliahan, inisiatif itu penting banget untuk mendapat ilmu tambahan. Sebagai contoh, misal kamu belajar menggunakan buku cetak, tapi dosenmu menerangkan dengan slide show.  Atau dosen kamu cuma nerangin pake slide show tapi nggak ngasih soft copy. Nah, kamu bisa tuh minta slide shownya ke dosen kamu.

Memang ada dosen yang berbaik hati langsung ngasih modul/powerpoint sebelum ujian, tapi ada juga dosen yang cuma ngasih kisi-kisi aja, nggak ngasih materi berbentuk modul atau powerpoint. Nah kalo kondisinya kayak gini, usahakan riset ke berbagai sumber, jangan dari satu sumber aja.

Nambah-nambah ilmu nggak salah kok!

πŸ“Œ Dengerin musik instrumental

tips belajar untuk kuliah
pixabay.com
Kalo aku pribadi sih, suka banget belajar sambil dengerin lagu, apalagi kalo belajar yang hitung-hitungan atau ngoding. Kalo yang hafalan udah pasti nggak bisa ya guys, bakal terdistraksi banget. Aku selalu belajar sambil dengerin playlist Deep Focus di Spotify (recommended!), hasilnya lumayan naikin mood belajarku.

Kalau menurut The Learning Scientist, belajar pake musik klasik itu bisa meningkatkan mood positif saat belajar, sehingga bisa ngasih manfaat; ya contohnya adalah kemampuan belajar kamu meningkat. 

Aku juga baca di Independent kalo suatu subjek dites untuk belajar sambil dengerin musik klasik/instrumental,  dan hasilnya lebih bagus daripada nggak pake musik alias background noise.

Tapi aku kasih caution disini. Nggak semua orang itu bisa belajar pake musik. Kalo kamu lebih bisa belajar dalam kondisi sunyi tanpa musik ya, lebih baik jangan dipaksa.

πŸ“Œ Belajar kelompok

manfaat belajar kelompok
pixabay.com
Nah ini nih, favorit aku banget. Aku suka banget belajar bareng temen-temenku, apalagi temen-temenku banyak yang pinter hahahah.

Buat kalian yang masih maunya belajar sendiri, harus banget nih nyoba belajar kelompok, karena siapa tau temen kalian ngerti apa yang kalian nggak ngerti, tau apa yang kalian nggak tau atau sebaliknya, jadi bisa saling ngajarin? (baca lebih lengkap di sini)

Aku sering dibilangin sama orang, kalo kamu suka ngajarin orang lain, ilmu ke kamu itu bakal nambah. Nggak berkurang sama sekali, malah kamu makin ngerti sama materinya. Makanya aku suka ngomong "sini gue ajarin, biar gue makin ngerti"πŸ˜‚


Nah, itu dia cara belajar yang selalu aku pake, terutama kalo menjelang ujian.

Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa dishare juga, hehehe.

Kalo tips belajar ala kamu gimana? Tambahin tips dari aku yuk di kolom comment! πŸ˜†

Monday, January 29, 2018

Jerawatan? Solusinya Ada di DokterBabe!

Monday, January 29, 2018 4
Jerawatan? Solusinya Ada di DokterBabe!
Sebagai seorang perempuan yang sudah menginjak umur legal, tentu saya semakin memperhatikan penampilan. Saya mulai mengenal make-up, dan akhirnya memutuskan untuk membubuhkannya di wajah saya, dengan alasan supaya wajah saya menjadi lebih hidup. Sayangnya, saya termasuk orang yang pemalas, sekadar cerita, saya pernah ketiduran dengan make-up masih menempel di wajah sayaπŸ˜…   Walaupun saya hanya menggunakan foundation ber-spf, bedak translucent, dan blush-on untuk make-up wajah sehari-hari, sudah jelas keduanya bisa membuat wajah jerawatan. Saya juga pernah menggunakan make-up tebal untuk menghadiri suatu acara, tetapi setelahnya tidak melakukan cara mencuci muka yang benar. Wah, makin parah, pikir saya.

Benar saja, jerawat saya makin banyak. Di pipi saya, tumbuh jerawat kecil-kecil yang sangat mengganggu penampilan saya, terutama saat ingin mengunggah swafoto ke media sosial. Saya mulai bertanya kepada teman-teman saya soal solusi dari jerawatan ini. Teman-teman saya banyak yang menyarankan memakai masker atau produk-produk skin care yang terbilang pricey. Saya juga takut kalau udah beli mahal-mahal tapi tidak cocok, sayang juga. Apalagi saya juga seorang mahasiswi, say no deh sama produk mahal.

Beruntung, ketika saya browsing di internet, saya menemukan website DokterBabe, suatu website kesehatan, dan artikel yang saya temukan adalah Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam. Wah tentu langsung saya meluncur ke website-nya karena tergiur dengan judulnya, hehehe.

yippie!
Sejak itu, saya jadi suka banget buka-bukain website ini di waktu senggang, mencari apalagi yang bisa saya lakukan untuk mengatasi masalah kecantikan saya. Di DokterBabe juga sudah dikategorikan di menunya, jadi kita bisa tinggal ngeklik apa yang kita butuhkan, seperti saya tadi, mencari tentang cara mengatasi jerawat bisa tinggal klik menu Kecantikan. Menunya banyak kok nggak cuma kecantikan aja, ada Hidup Sehat, Ibu dan Bayi, dan masih banyak lagi.
kategori di DokterBabe
Lalu, yang saya notice di setiap artikel di DokterBabe adalah artikel tersebut sudah disetujui oleh dokter. Bikin saya makin percaya sama situs ini.

sudah diverifikasi dokter.
Saya juga langsung memutuskan bikin akun supaya bisa konsultasi. Iya, di DokterBabe kita juga bisa berkonsultasi masalah kita, yah lumayan juga hitung-hitung hemat tenaga. Untuk bikin akunnya juga mudah. Jika kita tidak mau terlalu banyak akun, kita bisa juga login dengan Facebook, Twitter, atau Google+.

fitur konsultasi di DokterBabe!


Saya juga baru tau kalau di DokterBabe ada laman Cari Rumah Sakit. Fitur ini tujuannya untuk  mendeteksi lokasi kita, lalu menunjukkan rumah sakit terdekat dari lokasi kita tadi. Oh iya, nggak hanya rumah sakit, tapi DokterBabe juga ngasih tau klinik, apotek, dan dokter gigi. Fitur ini akan sangat membantu kalian, terutama buat yang masih baru tinggal di lokasi tertentu.


Udah nggak diragukan lagi, kan, temen-temen?

Website ini cocok banget buat kamu yang lagi bingung nyari solusi kesehatan, terutama untuk para perempuan yang punya masalah rambut lepek, jerawatan, bingung cara cuci muka, semua ada di DokterBabe. Hidup sehat itu mudah kok!πŸ˜‰

Saturday, January 27, 2018

10 Instagram Accounts You Definitely Should Follow!

Saturday, January 27, 2018 3
10 Instagram Accounts You Definitely Should Follow!
10 Instagram Accounts You Definitely Should Follow

Instagram has been considered as one of the most powerful social media in the world. According to that, people believe that Instagram is the perfect platform for them to express their creativity and look for inspirations. Obviously, people will follow other person whom give them inspiration, relates to them, and of course, has a good looking feeds. So, why does people able to call another person their favorite instagram accounts? Because that person has a nice content, build very nice feeds, and give so many people inspirations. Also, those reasons could make a person famous on Instagram, unless they're already famousπŸ˜…

You know, I'm one of so many people who addicted to Instagram, like I open this app countless a day. Thanks to my research through google and Instagram explore, I was able to find these wonderful accounts. So, I made a list contains my 10 favorite instagrammers! Oh, and I already made my 5 favorite youtubers, you really should check them out here.

Without further ado, here's the list!!

10 Instagram Accounts You Definitely Should Follow

Instagram Accounts You Definitely Should Follow
Im obsessed with his feed because he nailed represents a pale, aesthetic feeds and i feel anybody could see crystal clear the colour palette of his instagram! He's a traveler, mostly to the beach. I pretty much enjoy his aesthetically pleasing warm feeds, and he's quite hot though😏

Instagram Accounts You Definitely Should Follow
To be honest, Doyoutravel a.k.a Jack Morris is one of my reasons I have a sudden desire to learn Lightroom. I mean, look at his instagram. This traveler gave us nice orange feeds. He has a girlfriend name Lauren Bullen, and she's also into photography! In case yall wondering the stories behind his shoots, you all can visit his website: doyoutravelphoto.com/

Instagram Accounts You Definitely Should Follow
And she's who I am talking about. Gypsea Lust a.k.a Lauren Bullen, Jack Morris's girlfriend absolutely nailed the warm tone feeds and I'm totally obsessed with it! This 24 years old woman also has a lifestyle and fashion website, you can visit here: gypsealust.com.

He is my favorite beyond my favorite instagrammers! Who doesn't know this beautiful Connor Franta? This 25 years old youtuber had been my main reason why I determined to learn how to shoot and edit beautifully just like him. Watch how he edits his instagram here.

Pink punk! This beautifully aesthetic girl has pink hair and loves metal (based on her bio)! Her feeds is incredibly eyes-pleasing. Pink everywhere! Besides of her editing skills, she also killin every single ootds she has! You want to see more content of her? Visit : kaylahadlington.com πŸ‘Œ

I am a big fan of desaturated colors and apparently, I found his instagram and he's my current favorite! His instagram is literally my goals to reach because I'm currently working on my dark feeds (see my 'Highlight' widget at the sidebar) xD And also, he is a menswear model and a traveler, no wonder why he has such a great sense of fashion and poses nicely. Also, visit his blog here if you want to see more.

I. Can't. Even. Describe. How. Beautiful. Her. Instagram. Is. She's my favorite lifestyle youtuber and a travel blogger! Aspyn happily married to her boyfriend, Parker Ferris on 2016. You should really stalk her instagram and follow if you want her photos liven up your instagram timeline.

This traveler and youtuber gives us breath-taking shoots right on his instagram! Lightroom users must be known who he is, and he's famous over his presets and his color palette, orange and teal. I've learned how to edit like him and it was a hard job for a beginner like me xD

This man, really, should be a fashion icon. Look at his outfit though, he killin it! He attends many fashion shows recently. And he also a youtuber! The good thing is, he shared how he edits his instagram. Watch the video here.

She's my latest favorite instagrammers! I love her orange feed, but she hasn't get many followers yet, so you should totally follow her! Unfortunately I don't really know more about her because I found her instagram and made her my favorite just like 2 days ago.

That's a wrap! Who's your favorite instagrammers? Let me know! 😁

Monday, January 15, 2018

Life Journey Bersama Jam Tangan

Monday, January 15, 2018 4
Life Journey Bersama Jam Tangan
tumblr.com

Waktu kecil, gue suka banget koleksi jam tangan. Berbagai jenis jam tangan gue koleksi, ada yang dari pemberian orangtua, ada yang nyuri dari kakak, ada juga jam tangan hadiah dari snack-snack yang gue beli, jam tangan yang pake magnet, jam tangan merk monol (believe me, jam tangan ini super ngehits banget jaman gue SD), sampe jam tangan yang keluar dinosaurusnya juga ada. Semua jam tangan tersebut gue simpen di kotak segede kotak susu ultramilk. Iya, isinya jam tangan semua.

Kenapa dulu gue suka ngoleksi jam tangan? Nggak tau kenapa, keren aja gitu. Tapi sebenernya, alasan gue suka jam tangan adalah kakak gue. Dia berhasil meracuni gue dengan jam tangan kepunyaannya yang bagus banget, jam tangan putih ada gambar narutonya sebagai background jarum penunjuk detik dan menit. Selain kakak gue, orangtua gue juga racun. Beliau selalu kemana-mana pakai jam tangan, dan bagi gue itu elegan banget. Selain kakak dan orangtua, yang terakhir adalah temen-temen gue. Dalam era lagi suka-sukanya make jam tangan, bisa pamerin monol di tangan kaya temen-temen adalah pengalaman berkesan pertama gue. Jaman gue SD kelas 4, hampir setengah dari angkatan gue make jam tangan merk monol. Bentuknya kecil dan warnanya macem-macem pas banget dipake sama anak SD ingusan dan pemilik tangan mungil kaya gue. Buat yang nggak tau, monol itu kaya gini;

[img.diytrade.com]
*gue dulu punya warna biru & putih😜 *

Gue lupa sebelum atau sesudah monol lagi ngehits, jam tangan levi's juga ngehits banget, harus kudu punya. Bentuknya sedikit lebih besar dari monol, sih, tapi jenisnya digital. Cocok buat yang males liat jarum. Ini penampakannya


[jewellerysitepictures.com]

***

Saat gue duduk di bangku SMP, minat gue sama jam tangan berkurang. Gue nggak lagi make jam tangan, alasannya adalah; ribet. Gue mikir, "ah, ngapain pake jam. Tinggal lihat di hape." Masa-masa SMP adalah masa dimana gue belom peduli sama diri gue sendiri. Maksudnya adalah, gue nggak terlalu memperhatikan penampilan, makeup dan segala printilannya. Gue sok-sok an "yaudah gue emang kaya gini gayanya, mau diapain?" What I'm trying to say here is, jam tangan itu bukan hanya untuk penunjuk waktu, tapi juga pelengkap outfit. Seperti yang gue bilang tadi, gue nggak merhatiin penampilan, jadi gue rasa jam tangan itu nggak perlu. Begitu pula saat gue SMP menuju SMA, smartphone lagi merajalela, minat gue terhadap jam tangan bener-bener berkurang, bahkan hampir ilang.

Suatu pagi, tiba-tiba nyokap ngobrak-ngabrik isi lemarinya. Nyokap gue nemuin kotak yang ternyata isinya jam tangan-jam tangan lama punya beliau dan bokap.

"Masih banyak yang bagus, nih. Servis aja," begitu katanya.

Gue ngeliat kebanyakan jam yang agak besar bentuknya, tipikal jam tangan bapak-bapak. Tapi di antara jam-jam itu, ada jam merek Guess yang bentuknya kecil dan warnanya masih bagus banget. Ini penampakannya:


dok.pribadi

Jadi, jam tangan ini adalah pemberian dari almarhumah nenek gue buat nyokap. Nenek gue beliin jam tersebut di Mekah, sewaktu naik haji. Kata nyokap, itu merek Guess asli. Nenek gue ngasih jam tangan itu sebagai hadiah ulang tahun buat nyokap, waktu itu nyokap gue masih SMA. Lalu di present day, tepatnya pas gue udah lulus SMA, jam tangan itu diturunin ke gue. Kedepannya gue bikin tradisi aja kali ya, jam itu gue turunin ke anak gue 😝

Anak SMA pasti udah mulai memperhatikan penampilan, apalagi kalo udah jadi calon mahasiswi, bahkan udah jadi mahasiswi. Gue sering diomelin nyokap penampilan gue itu terlalu childish, nggak ngerti childish di sisi mana, padahal bagi gue penampilan gue ya, pretty casual. Saat gue udah jadi mahasiswi, gue sadar penampilan gue itu harus diubah. Setelah gue tau sejarah jam tangan nyokap yang diturunin ke gue, gue jadi suka sama jam tangan ini, dan akhirnya sering gue pake.

"Dipake, ya, jam tangannya. Biar keliatan anak kuliahan," begitu kata nyokap.

Dari cerita gue ini, gue nangkep kayaknya jam tangan itu bisa dipake buat penunjuk umur. Kalo diperhatiin, jam tangan buat setiap umur itu beda. Jam tangan Guess itu mungkin bisa bikin gue terlihat lebih dewasa. 

babble.com

ablogtowatch.com


adolescentadult.com


Keliatan kan perbedaannya?

Makin dewasa umur gue, pasti gue makin memperhatikan penampilan. Gue tentu butuh jam yang berbeda-beda untuk menyesuaikan sama outfit of the day gue. Karena jaman udah makin canggih, teknologi udah sangat memadai, hadir yang namanya online shop. Jadi, kalo mau nyari jam tangan, gue tinggal buka laptop, buka google chrome, dan meluncur ke websitenya Radatime, Pusat jam tangan original di Indonesia. Tahun 2016, Radatime membuka toko buat pertama kalinya di Citywalk Medan. Koleksi jam tangannya juga banyak banget, dan mereka nerima banyak testi dan review yang bagus dari pelanggan. Gue saranin, kalo mau nyari jam tangan tinggal buka aja websitenya Radatime, atau ke instagramnya Radatime.

Sekian post hari ini dari gue, jangan lupa setiap jalan-jalan, lengkapin dirimu dengan jam tanganπŸ‘Œ